Profil Bachril Bakri, Pj Bupati Sarolangun dari Pejabat Kemendagri

Profil Bachril Bakri, Pj Bupati Sarolangun dari Pejabat Kemendagri

Aksidesa.com - Profil Bachril Bakri, Pj Bupati Sarolangun dari Pejabat Kemendagri, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tidak memperpanjang masa jabatan Henrizal selaku Pj Bupati Sarolangun.

Sosok penggantinya adalah Dr Bachril Bakri, yang akan dilantik hari ini. Bachril bukan sosok sembarangan. Dia pejabat Kemendagri yang menjabat Kepala Biro Perencanaan.

Profil Bachril Bakri, Pj Bupati Sarolangun dari Pejabat Kemendagri

Profil Bachril Bakri

Selain itu, Bachril Bakri juga menjabat Plt Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri.

Baca Juga: Tekan Stunting, Ketum TP PKK Pusat Dorong Kader Mantapkan Ketersediaan Pangan

Dia lulusan S2 Master of Applied Science dari The University of New South Wales Australia pada 1997.

Sebelumnya, ijazah sarjana (insinyur) Ilmu Tanah didapat Bachril Bakri dari Institut Pertanian Bogor pada 1990. Di IPB pula Bachril meraih gelar Doktor Bidang Ilmu Pengelolaan SDA dan Lingkungan pada 2017.

Dikutip dari portal Kemendagri, Bachril Bakri aktif di berbagai organisasi, seperti Himpunan Ilmu Tanah IPB, ICMI, dan KPII UNSW Australia.

Baca Juga: Tekan Stunting, TP PKK Pusat Berikan Makanan Bergizi Kepada 75 Anak di Pandeglang, Banten

Disebutkan, Bachril Bakri lahir di Batusangkar, Sumatera Barat, pada 22 November 1966. Dia diangkat menjadi PNS Kemendagri pada 1993.

Dia telah melaksanakan berbagai penugasan di luar dan dalam negeri. Antara lain, sebagai tim delegasi RI perundingan perbatasan RI-Philipina di Filipina (2019).

Pernah pula mengikuti Country Focussed Training Course On Regional Development Management di Jepang (2008), dan Planning & Management Of Urban Environment Courses di Malaysia (2004).

Profil Bachril Bakri, Pj Bupati Sarolangun dari Pejabat Kemendagri

Baca Juga: Kemendagri Telah Membuat Platform Desa dapat diakses Real Time

Lainnya, mengikuti Physical Planning Course di Australia (1995), ikut tim Delegasi RI IMT-GT Chief Minister and Governors' Forum Meeting (The 17TH IMT-GT CMGF) di Sumatera Barat (2019).

Bachril Bakri juga ditugaskan dalam penyelesaian masalah kepegawaian pasca bencana gempa di Provinsi NTB (2018), dan penyelesaian kasus kepegawaian di Kabupaten Sorong Selatan (2018).

Sebelumnya Bachril pernah menjabat Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Laut dan Udara BNPP (2019-2020) dan Kepala Subdit Wilayah V Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri (2016-2019).

Pernah juga Plt Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Otonomi Daerah (2016), Kepala Subdit Evaluasi Kinerja Wilayah II Ditjen Otonomi Daerah (2015-2016), dan Kepala Subdit Perencanaan Pembangunan Wilayah I Ditjen Bina Pembangunan Daerah (2010-2015).

Sebelum itu, Bachril pernah menjabat Kasubdit Perencanaan Wilayah I Ditjen Bina Pembangunan Daerah (2008-2010), Plt Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Bina Pembangunan Daerah (2007–2008), Kasubbag Penyusunan Program Ditjen Bina Pembangunan Daerah (2001-2008), Kasi Sumber Daya Buatan Subdit Regional C Ditjen Bina Pembangunan Daerah (2000–2001) dan Plh Kasi Pertanian pada Bappeda Tingkat I Timtim (1998).

Baca Juga: Pemdes Kemendagri Tawarkan Resep ATM untuk Majukan Desa, Apa Itu?

Dia juga pernah menjabat sebagai anggota Tim Operasional Pendampingan Penanganan Pasca Bencana Gempa Bumi dan Tsunami (2005) dan Sekretaris Tim Penyusunan (2004).

Jabatan lainnya, staf Sekretariat Tim Teknis Pendukung Konsolidasi Penyelenggaraan Pemilu (2004) dan Koordinator Sekretariat Pokja Kajian Strategi (2002).

Sebelum itu, pernah menjabat Asisten I Deputi IV dalam Pelaksanaan Program Coremap (2001), dan anggota Tim Asisten Pembentukan Kelembagaan Perangkat Organisasi Daerah Otonomi Baru Prov. Gorontalo (2001).

Baca Juga: Dirjen Pemdes ajak aparatur desa miliki pemikiran inovatif

Bachril Bakri pernah mendapat penghargaan Prestasi Istimewa Peringkat I Pendidikan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan I Tahun 2021 dan Juara I Lomba Karya Tulis Lingkup Kemendagri dan BNPP Tahun 2018.

Terimakasih sudah membaca artikel Profil Bachril Bakri, Pj Bupati Sarolangun dari Pejabat Kemendagri, jika anda sedang membutuhkan video branding disini Kumpulannya.

0 Response to "Profil Bachril Bakri, Pj Bupati Sarolangun dari Pejabat Kemendagri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel